Dewasa
ini gambar fotogratif secara luas bisa diperoleh dari berbagai sumber, misalnya
dari surat kabar, majalah-majalah, brosur-brosur dan buku-buku. Gambar,
lukisan, kartun, ilustrasi, foto yang diperoleh dari berbagai sumber tersebut
dapat digunakan oleh guru secara efektif dalam kegitan belajar mengajar, pada
setiap jenjang pendidikan dan berbagai disiplin ilmu.
Gambar
fotografi ini pada dasarnya membantu dan mendorong para siswa dapat
membangkitkan minatnya pada pelajaran. Membantu mereka dalam mengembangkan
kemampuan berbahasa, kegiatan seni dan pernyataan kreatif dalam bercerita,
dramatisasi, bacaan, penulisan, melukis dan menggambar, serta membantu mereka
menafsirkan dan mengingat-ingat isi materi bacaan dari buku-teks.
Demikian
pula pemahaman pengertian mengenai kemasyarakatan bisa diperoleh dari gambar
fotografi dan dalam situasi tertentu gambar fotografi merupakan sumber terbaik
untuk tujuan penelitian atau penyidikan.
Gambar
fotografipun dapat dipergunakan sebagai dasar studi untuk kelompok siswa dalam
membuat laporannya, referensi untuk studi atau penelitiannya. Penafsiran tentang
gambar fotografi oleh setiap siswa secara invidual pasti akan berbeda-beda,
oleh karena itulah guru hendaknya menyediakan waktu untuk mengajar siswanya
bagaimana cara ‘membaca’ gambar fotografi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar