Inti daripada proses pendidikan secara formal adalah mengajar. Sedangkan
inti proses pengajaran adalah peserta didik belajar. Oleh karena itu mengajar
tidak dapat dipisahkan dari belajar. Sehingga dala peristilahan kependidikan
kita mengenal ungkapan Proses Belajar Mengajar disingkat PBM
Menganalisis proses belajar mengajar pada intinya tertumpu pada suatu
persoalan, yaitu bagaimana peserta didik memberi kemungkinan bagi peserta didik
terjadi proses belajar yang efektif atau dapat mencapai hasil sesuai dengan
tujuan. Persoalan ini membawa implikasi sebagai berikut:
a) Guru harus mempunyai pegangan asasi tentang
mengajar dan dasar-dasar teori belajar
b) Guru harus dapat mengembangkan sistem
pengajaran
c) Guru harus mampu melakukan proses belajar
mengajar yang efektif.
d) Guru harus mampu melakukan penilaian hasil
belajar sebagai dasar umpan balik bagi seluruh proses yang ditempuh.
Pendekatan terhadap pengajaran dewasa ini pada umumnya menggunakan
pendekatan sistem (system approach). Dengan pendekatan ini pengajaran dipandang
sebagai suatu sistem.
Resensi
Muhammad Ali. Guru Dalam Proses
Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar