Minggu, 16 Juni 2013

Klasifikasi Media Pembelajaran

Media pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan tujuan pemakaian dan karakteristik jenis-jenis media. Terdapat lima model klasifikasi, yaitu menurut:
- Wilbur Schramm
- Gagne
- Allen
- Gerlach dan Ely
- Ibrahim

Menurut ke-lima dari beberapa pakar pendidikan, terdapat perbedaan dalam pengklasifikasi model pembelajaran, contohnya:
- Menurut Schramm, media digolongkan menjadi media rumit, mahal dan sederhana
- Menurut Gagne, media digolongkan menjadi tujuh kelompok, yaitu:
   benda untuk didemontrasikan, komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar bergerak, film bersuara, dan media cetak.
- Menurut Allen, media terdapat sembilan media, yaitu: visual diam, film, televisi, obyek tiga dimensi, rekaman, pelajaran terprogram, demonstrasi, buku teks cetak dan sajian lisan.
Menurut Gerlach dan Ely, media dikelompokkan berdasarkan ciri-ciri fisiknya atas delapan kelompok, yaitu: benda sebenarnya, presentasi verbal, presentasi grafis, gambar diam, gambar bergerak, rekaman suara, pengajaran terprogram dan simulasi.
Menurut Ibrahim, media dikelompokkan berdasarkan ukuran serta kompleks tidaknya alat dan perlengkapanya atas lima kelompok, yaitu: media tanpa proyeksi dua dimensi, media tanpa proyeksi tiga dimensi, media audio, media proyeksi, televisi, video, komputer.

Referensi
Daryanto, Drs. Media Pembelajaran. Penerbit GavaMedia. Yogyakarta. 2010


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar