Pengajaran adalah suatu aktivitas (proses)
mengajar-belajar. Pada hakekatnya di dalam pengajaran terdapat dua subjek yaitu
guru dan peserta didik. Istilah peserta didik adalah persamaan dari istilah
anak didik, objek didik atau sebagai istilah lain dari murid atau siswa.
Tugas dan tanggungjawab utama seorang guru/pengajar
adalah mengelola pengajaran dengan lebih efektif, dinamis, efisien dan positif
yang ditandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif di antara dua
subjek pengajaran, guru sebagai penginisiatif awal dan pengarah serta
pembimbing, sedang peserta didik sebagai yang mengalami dan terlibat aktif
untuk memperoleh perubahan diri dalam pengajaran.
Ada beberapa prinsip yang harus dan wajib diketahui oleh
dunia pengajaran yaitu:
- Prinsip aktivitas
- Prinsip motivasi
- Prinsip individualisme
- Prinsip lingkungan
- Prinsip konsentrasi
- Prinsip kebebasan
- Prinsip Peragaan
- Prinsip kerja sama dan persaingan
- Prinsip apersepsi
- Prinsip korelasi
- Prinsip efisiensi dan efektifitas
- Prinsip globalitas, dan
- Prinsip permainan dan hiburan
Referensi
Ahmad Rohani. Pengelolaan Pengajaran (edisi revisi).
Rineka Cipta. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar