Metode
SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review)
merupakan metode belajar yang mempunyai tujuan agar kegiatan membaca dapat
dilaksanakan sesingkat mungkin tetapi dengan daya serap yang tinggi. Metode SQ3R penulis anggap sebagai jawaban atas persoalan agar bagaimana siswa dapat
meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. Dalam penelitian ini
menggunakan teknik pengumnpulan data yang berupa angket, tes dan observasi.
Peneliti melakukan penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah
yang berjumlah 383 sebagai populasinya, sedangkan sampelnya adalah kelas VII A
yang berjunlah 44 siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh
hasil bahwa pada siklus I hasil angket tanggapan siswa terhadap metode SQ3R dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 81,82% atau 36 dari 44 siswa.
Adapun tidak tuntas 18,18 % atau 8 siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar
mata pelajaran PKn siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pangkah sebesar 95,45 % atau 42 siswa dari 44 jumlah
siswa seluruhnya sehingga terdapat 2 siswa atau 4,55% belum tuntas. Hal ini
berarti memenuhi indikator keberhasilan belajar karena tolok ukur ketuntasan
belajar sekurang-kirangnya adalah sebesar 85%.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran
dengan metode SQ3R dalam pembelajaran dengan pokok bahasan Norma-norma yang
Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara dalam kegiatan question,
recite, menyajikan hasil belajar serta menyimpulkannya termasuk dalam
kategori baik dan aktif dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan
untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan Norma-norma
yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara melalui
penerapan metode SQ3R adalah langkah sistematis yaitu meneliti secara singkat (survey),
membuat daftar pertanyaan (question), membaca (read), memahami (recite),
dan meninjau ulang (review).
by: articleplong.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar