Penerapan
Teori Kebutuhan Maslow dalam menumbuhkan dukungan yang kuat para anggota
perusahaan yang bersaing dalam: inovasi” dan “peningkatan kualitas” sehingga
terjadi peningkatan kinerja dan keuntungan perusahaan. Motivasi merupakan
proses interaksi antara kebutuhan (need), dorongan (drive), dan tujuan (goals)
Mengapa
dua produk yang sama, dijual oleh dua perusahaan yang berbeda, memberikan hasil
yang berbeda ? Suatu perusahaan membuat produk yang dapat dijual, bukan menjual
produk yang dapat dibuat, karena itu perusahaan perlu mengenali pelanggan dan
mengidentifikasi kebutuhannya. Dengan demikian perusahaan dapat memenuhi
kebutuhan pelanggan. Salah satu kegagalan dari produk baru, biasanya adalah
karena mereka salah mengenali kebutuhan konsumen. Perusahaan mengharapkan
konsumennya menjadi pelanggan, sehingga ada kontinuitas pembelian.
Dalam pemenuhan kebutuhan konsumen,
wirausahawan tidak dapat menciptakan suatu produk untuk memenuhi semua
kebutuhan. Diversifikasi produk perlu dilakukan untuk melayani semua kebutuhan.
Berbagai usaha dilakukan perusahaan untuk membuat pelanggannya merasa istimewa.
Selain untuk meningkatkan penjualan juga untuk membangun loyalitas pelanggan.
Perusahaan harus memiliki tujuan yang jelas, sehingga mereka yang menjalankan
organisasi tahu apa yang ingin dicapai dan dapat melakukan perencanaan dan
implementasinya.
Kunci dari keberhasilan Perusahaan
untuk mencapai tujuan yaitu membangun loyalitas pelanggan dalam arti luas dapat
dijabarkan bahwa: pelanggan bukan semata-mata hanya orang yang membutuhkan
produk yang dihasilkan oleh perusahaan tetapi jauh lebih luas, dalam Total
Quality Management dijelaskan yang termasuk pelanggan adalah: Konsumen,
Pekerja, dan pemilik. Kelemahan mendasar pada bisnis kecil adalah mengabaikan
arti dan makna motivasi ini, pemilik biasanya hanya memperhatikan pada tingkat
kebutuhan dasar, belum lagi, pemerintah telah mematok upah minimum regional
misalnya, justru ini akan menjadi acuan untuk menggaji karyawannya sebatas atau
sebesar UMR itu sendiri. Pada akhirnya banyak bisnis kecil yang tidak bertahan
lama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar