Minggu, 03 November 2013

Strategi Komunikasi

Meskipun komunikasi merupakan proses yang sangat alamiah, komunikasi merupakan segala hal yang bersifat efektif dan bukan merupakan sesudah yang mudah. Tanpa pemahaman yang mendalam, perecananaan yang strategi yang integratif, komunikasi hanya akan menghambur-hamburkan apa yang diharapkan. Seringkali terjadi tujuan utama komunikasi adalah menyampaikan pesan untuk mencegah atau menanggulangi terjadinya suatu perilaku tertentu. Tetapi justru yang diadopsi sisi negatifnya.

 Ada beberapa hal yang berhubungan dengan komunikasi yaitu:
1. With What Effect. Komunikasi selalu mendatangkan dampak besar maupun kecil. Dampak yang diharapkan itulah yang menjadi tujuan dalam strategi komunikasi.

2. To Whom. Tujuan komunikasi tidak hanya berkaitan dengan serangkaian 'apa kapan-di mana', tetapi juga 'siapa'. Komunikator harus mengetahui persis siapa (komunikasi) yang hendak dikirim pesan dan memunculkan dampak yang diharapkan.

3. With Which Channel. Setelah dampak komunikan ditentukan sejelas mungkin, selanjutnya kita harus mengirim pesannya melalui media yang dapat menjangkau komunikan secara tepat sasaran dan menyediakan saluran umpan balik untuk menilai tanggapan.

4. Says What. Pemahaman ini memudahkan dan perlu diteruskan untuk memahami pesan apa yang hendak kita sampaikan kepada komunikan.

5. Who. Pemahaman kita tentang 'say what with what channel to whom with what effect' belum tuntas untuk merancang proses komunikasi yang efektif.

 Kutipan dari Buku Studi Perilaku Karya: Maufur dan Ahmad Thoha Faz (Bintang WarliAfrika) Bandung. http://articleplong.blogspot.com

Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. ga kebaca mas, mohon di edit kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Mas Boy. Sudah saya perbaiki. Awalnya tulisannya berlatar putih + warna huruf putih :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus